Minggu, 10 Juni 2012

Khairul Hasanah


BAB 4
MENU DAN IKON DALAM EXCEL 2007

A.    Memulai aplikasi Excel
Langkah untuk menjalankan aplikasi Excel 2007 adalah sebagai berikut,
1.      Tekan power pada CPU.
2.      Tunggu beberapa saat, hingga di layar terlihat area kerja Desktop Windows.
3.      Klik tombol START pada baris taksbar.
4.      Arahkan pada pilihan All program, microsoft office, microsoft office excel 2007
5.      Di layar akan terlihat lembar kerja (worksheet) excel.



B.     Komponen-komponen Excel 2007
Berikut komponen-komponen pada Excel 2007
1.      Office Button
Menu ini berisi barisan perintah standar untuk menjalankan Excel. Misalnya, membuat dokumen baru (new), membuka dokumen lama (open), menyimpan (save), mencetak (print), atau mempublikasi dokumen yang sudah selesai dikerjakan (publish).
2.      Quick Access Toolbar
Merupakan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu. Bisa kita tambahkan maupun kurangi. Anda dapat menambahkan tombol yang sering digunakan supaya tidak terlalu banyak mengakses ribbon.
Untuk menambahkannya, ikuti langkah berikut ini!
a.       Klik Customize Quick Access toolbar, lalu klik More Commands.
b.      Pilih pada bagian Customize.
c.       Pada popular Commands, pilih tool yang ingin kita tambahkan. Misal, klik print preview.
d.      Lalu klik Add.
e.       Tampilkan tool yang kita tambahkan muncul di bagian For All Documents, klik OK.
Sebaliknya, langkah untuk menghilangkan tool yang sudah terpasang, klik tool yang digunakan, klik remove, lalu klik OK.


 
 












Tampilan setelah ditambahkan toolnya (print preview) terlihat gambar berikut.

 

3.      Document Title
Merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file di ikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Misal, nama file yang baru kita buka Book diikuti nama aplikasinya Microsoft Excel.
4.      Tab Ribbon
Merupakan deretan toolbar yang berisi beberapa group, di mana masing-masing group terdiri dari berbagai perintah yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
5.      Group
Berisi beberapa perintah yang sudah dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan gambar (ikon).
 

                                                                                                                          
Apabila kita ingin mengatur group yang ada, klik panah di ujung bidang group (misal, group aligment) sehingga muncul tampilan sebagai berikut.

 







c.    Memasukkan data pada lembar kerja
Untuk memasukkan data pada lembar kerja Excel, gunakan cara berikut
1.      Klik sel tempat data, misalnya klik sel A1
2.      Ketik data yang diinginkan, misalnya ketik No.
3.      Tekan enter atau gunakan panah bawah ↓   atau panah  atas ↑   atau panah kanan        atau panah kiri      ←  .

D.    Memindahkan Penunjuk sel (pointer)
Untuk memindahkan dapat dilakukan dengan mouse dan keyboard.
1.      Apabila anda menggunakan mouse, cukup dengan klik alamt sel yang diinginkan.
2.      Apabila anda menggunakan keyboart, maka gunakan salah satu tombol berikut.
Tombol
Perintah
←→↑↓
Memindahkan pointer satu sel ke kiri, kanan, atas dan bawah
Tab
Memindahkan pointer satu sel ke kanan
Shift+Tab
Memindahkan pointer satu sel ke kiri
Enter
Memindahkan pointer satu sel ke bawah
Shift+enter
Memindahkan pointer satu sel ke atas
Home
Memindahkan pointer pada posisi kolom A pada baris yang aktif
Ctrl+home
Memindahkan pointer pada alamat sel A1 pada lembar kerja yang masih aktif
PgUp
Memindahkan pointer satu layar ke atas
PgDn
Memindahkan pointer satu layar ke bawah
Alt+PgUp
Memindahkan pointer satu layar ke kiri
Alt+PgDn
Memindahkan pointer satu layar ke kanan
Ctrl+PgUp
Pindah dari satu lembar kerja ke lembar kerja berikutnya
Ctrl+PgDn
Pindah dari satu lembar kerja ke lembar kerja sebelumnya

E.     Memperbaiki kesalahan pengetikan data
Gunakan cara berikut.
1.      Klik sel tempat data yang akan anda perbaiki misalnya klik sel B2.
2.      Klik ganda (double klik) atau tekan tombol F2 pada keyboard.
3.      Lakukan perbaikan data pada alamat atau sel tersebut.
4.      Tekan tombol Enter atau klik alamat sel lain.

 
F.     Menyimpan buku kerja
1.      Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol save atau tekan Ctrl+S. Di samping itu, anda dapat menggunakan klik tombol save pada Quick Access Toolbars.
2.      Di layar akan terlihat kotak dialog Save As.
3.      Pada bagian Save In, tentukan drive tempat menyimpan file, misalnya klik drive F.
4.      Pilih atau klik folder yang diinginkan, misalnya BANK dATA, kemudian klik open atau klik ganda folder BANK DATA.
5.      Pada bagian file Name, ketik nama file sesuai keinginan, misalnya latihan 1.
6.      Klik tombol Save.

  

G.    Menyimpan dengan nama lain
Apabila lembar kerja yang telah anda simpan sebelumnya akan disimpan kembali dengan nama lain, maka.
1.      Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol save As atu tekan F12.
2.      Di layar akan terlihat kotak dialog Save As.
3.      Pada bagian save in, tentukan drive tempat menyimpan file, misalnya klik drive F.
4.      Pilih atau klik folder yang diinginan, misalnya BANK DATA, kemudian klik open atau klik ganda  folder BANK DATA.
5.      Pada bagian file name. Anda ketik nama file sesuai keinginan.

H.    Menutup buku kerja
1.      Klik microsoft office button.
2.      Klik tombol close.
Di samping itu anda dapat gunakan tombol Alt+F4.

I.       Membuka atau mengaktifkan buku kerja
Untuk mengaktifkan atau membukakembali buku kerja atau nama file yang pernah anda buat.
1.      Klik microsoft office button, kemudian klik tombol open atau tekan Ctrl+O.
2.      Di layar akan terlihat kotak dialog open.
3.      Tentukan drive tempat nama file yag akan di buka. Msl, klik drive F:/
4.      Klik atau pilih folder yang diinginkan.
5.      Klik nama file yang akan dibuka, kemudian klik open.
Di samping cara tersebut membuka buku kerja dapat dil;akukan dengan cara berikut.
1.      Klik Microsoft Office Button, maka pada Recent Document akan terlihat beberapa dokumen yang pernah anda buka.
2.      Klik nama file yang akan dibuka sesuai keinginan.

J.      Mengakhiri aplikasi Excel
1.      Pastikan buku kerja atau nama file anda telah disimpan
2.      Klik salah satu perintah keluar berikut:
a.       Klik Microsoft Office Button Kemudian klik tombol exit Excel.
b.      Klik tombol Close di pojok kanan atas jendela aplikasi excel 2007.
c.       Klik ganda pada Mirosoft Office Button yang berada dipojok kiri jendela excel 2007.










SOAL

A.     Berilah tanda silang (x) huruf a,b,c,d atau e pada jawaban yang benar!

1.      Menu ini berisi barisan perintah standar untuk menjalankan Excel. Misalnya, membuat dokumen baru (new), membuka dokumen lama (open), menyimpan (save), mencetak (print), atau mempublish dokumen yang sudah selesai dikerjakan (publish). Menu yang dimaksud adalah...
a.       Quick Access Toolbar                                           d. Tab Ribbon
b.      Office Button                                                        e. Group
c.       Document Title

2.      Setiap lembar kerja Excel 2007 terdiri dari beberapa kolom yang dimulai dari...
a.       Kolom A                                                                d. Kolom X
b.      Kolom Z                                                                e. Kolom XFD
c.       Kolom Y

3.      Kolom terakhir pada lembar kerja Excel 2007 adalah..
a.       AZ             b. AX               c. AA               d. XFD             e. AFD

4.      Untuk menutup buku kerja atau nama file yang telah Anda buat, digunakan cara...
a.       Klik Microsoft Office Button → klik close
b.      Klik Microsoft Office Button → klik open
c.       Klik Microsoft Office Button → klik new
d.      Klik Microsoft Office Button → klik publish
e.       Klik Microsoft Office Button → klik prepare

5.      Tombol CTRL+End berfungsi untuk...
a.       Pindah satu sel ke bawah
b.      Pindah satu sel ke kanan
c.       Pindah satu sel ke kiri
d.      Pindah ke sel A1 pada sel yang aktif
e.       Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan

6.      Untuk menutup lembar kerja, digunakan tombol kombinasi...
a.       Alt+F4                                                                   d. Alt+F1
b.      Alt+F2                                                                   e. Ctrl+P
c.       Ctrl+O 

7.      Tombol untuk memindahkan pointer satu layar ke bawah...
a.       PgUp                                                                      d. PgDn
b.      Enter                                                                      e. End
c.       Shift



8.      Untuk memindahkan pointer satu layar ke kanan ggunakan tombol...
a.       Alt+F4                                                                   d. Alt+F1
b.      Alt+PgDn                                                               e. Ctrl+P
c.       Ctrl+O

9.      Merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file di ikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang kita kerjakan merupakan...
a.       Document Title                                                      d. Group
b.      Tab Ribbon                                                                        e. Office Button
c.       Customize Quick Toolbar

10.  Menu ini berisi barisan perintah standar untuk menjalankan Excel. Misalnya, membuat dokumen baru (new), membuka dokumen lama (open), menyimpan (save), mencetak (print), atau mempublikasi dokumen yang sudah selesai dikerjakan (publish), merupakan...
a.       Document Title                                                      d. Group
b.      Tab Ribbon                                                                        e. Office Button
c.       Customize Quick Toolbar
11.  Berisi beberapa perintah yang sudah dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan gambar (ikon), merupakan...
a.       Document Title                                                      d. Group
b.      Tab Ribbon                                                                        e. Office Button
c.       Customize Quick Toolbar

12.  Membuka lembar kerja baru, dengan mengklik...
a.       Open                                                                      d. Print
b.      New                                                                       e. Print Preview
c.       Save

13.  Print berfungsi untuk...
a.       Mencetak dokumen                                                           d. Mengcopy dokumen                       
b.      Menyimpan dokumen                                            e. Keluar
c.       Membuka dokumen

14.  Tombol Alt+F4 digunakan untuk...
a.       Menutup buku kerja                                                          d. Mencetak lembar kerja
b.      Membuka lembar kerja                                          e. Menyimpan dengan nama lain
c.       Menyimpan lembar kerja

15.  Memindahkan pointer satu sel ke bawah, dengan menekan tombol...
a.       PgUp                                                                      d. PgDn
b.      Enter                                                                      e. End
Shift

Tidak ada komentar:

Posting Komentar