Sabtu, 02 Juni 2012

NURUL S FEBRIATI


BAB 6
              FORMAT DATA PADA EXCEL 2007
A.Mengatur lembar kolom
1.mengatur lebar kolom menggunakan mouse
a.       Arahkan pointer mouse pada batas kanan kolom yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubahmenjadi tanda panahdua arah.
b.      Klik tombol kiri mouse,dan sambil terus menekan mouse geser ( drag)-lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang diinginkan.
2.mengatur lebar kolom sesuai data terpanjang
a.       Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya.
b.      Klik dua kali pada batas kolom.

B.Mengatur tinggi Baris
1.      Arahkan pointer mouse pada batas bawah bawah baris yang akan diubah hingga tanda panah dua arah.
2.      Klik tombol kiri mouse,dan sambil terus menekan mouse,geser (drag)-lah mouse hingga tinggi barissesuai dengan yang diinginkan.
C.Mengatur Format tampilan Huruf
            Data yang diketikkan pada lembar kerja dapat ditampilkan dengan berbagai bentuk untuk memudahkan dan membuat variasi dalam lembar kerja anda. Bentuk huruf (font),ukuran huruf (size),garis bawah (underline),warna huruf (color ),dan efek khusus lainnya dapat anda tambahkan dalam data.pemformatan huruf dapat ditempuh melalui perintah yang ada dibaris menu dan toolbar.
1.FORMAT MELALUI PERINTAH DIBARIS MENU
a.       Sorot sel atau range yang akan anda format.
b.      Pilih dan klik menu format (o),cells (CTRL+1),dan kotak dialog format cells akan ditampilkan.
c.       Pada kotak dialogformatcellstersebut,klik tab Font
d.      Tambahkan efek khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.
2.FORMAT MELALUI TOOLBAR
·         Text font à memilih bentuk huruf ( font)
·         Font size àmengubah ukuran huruf (size)
·         Bold        àmenampilkan huruf tebal (bold)
·         Italic       àmenampilkan huruf miring (italic)
·         Underlineàmemberi garis bawah (underline)
·         Font coloràmemilih warna huruf (font color )
D.Meratakan tampilan data.
1.Meratakan data dengan perintah diBaris Menu
a.       Sorotlah sel atau range yang akan anda ubah tampilan datanya.
b.      Pilihdan klik menu format (o),cells (CTRL+1),dan kotak dialog format cells akan ditampilkan.
c.       Pada kotak dialog tersebut,klik tab Alignment
d.      Lakukan pemilihan sesuai keinginan anda pada kotak

1.      VERTICAL :digunakan untuk memilih perataan secara vertical.plihan yang dapat dilakukan adalah top (rata atas ),center (rata tengah),bottom (rata bawah),justify (seluruh data ditampilkan pada sel secara penuh).
                       
2.      HORIZONTAL :beberapa pilihan yang dapat dilakukan :
*) General                    à Huruf ditampilkan rata kiri dan angkat rata kanan.
*) Left (indent)                        àdata ditampilkan rata kiri
*) Center                      à data ditampilkan rata tengah
*)  right                                    àdata ditampilkan rata kanan
*) fill                           àmengisi seluruh sel dengan menguolang data
*)justify                       à data ditampilkan pada sel secara penuh
*)ceter across selection àdata ditampilkan ditengah-tengah beberapa kolo
3.      ORIENTATION :untuk mengatur  orientasi data dan derajat kemiringannya.
e.       Klik OK


2.Meratakan data dengan perintah pada toolbar
Toolbar
perintah
keterangan
 
Alight left
Data ditampilkan rata kiri
 
Ceter
Data ditampilkan rata tengah
  
Alight right
Data ditampilkan rata kanan
 
Merge and center
Menyambung beberapa kolom,dan menaruh data ditengah kolom baru tersebut.

E. Menambahkan garis pembatas dan bingkai
Berikut langkah-langkahnya,
1.      Sorotlah sel atau buatlah range,tempat yang akan diberi bingkai.
2.      2.plih dan klik menu format (o),cells (CTRL+1).Lalu klik tab border.kotak dialog akan tampil seperti berikut,
3.      Pada bagian presets,pilih dan klik salah satu tombol berikut.
a.       None, digunakan untuk menghapus garis pembatas dan bingkai
b.      Outline,digunakan untuk membuat bingkai disekeliling sel atau range.
c.       Inside,digunakan untuk membuat garis pembatas didalam range.
4.      Pada bagian border,pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan.
5.      Pada kotak pilihan style,pilih jenis garis yang diinginkan
6.      Pada kotak pilih color, pilihhan color jenis warna  yang diinginkan.
7.      Gambar dibagian border  adalah preview bingkai atau garis pembatas yang telah anda set. Klik OK bila sudah selesai.
F. Menyisipkan Sel,Baris,dan kolom
            Langkah –langkah yang dapat ditempuh adalah seperti berikut.
1.      Sorotlah sel, atau buatlah range tempat sel,baris,atau kolom baru akan disisipkan.
2.      Pilih dan klik dibaris baru
·         Insert,Rows untuk menyisipkan baris baru.
·         Insert,column untuk menyisipkan kolom baru.
·         Insert,cells untuk menyisipkan sel baru.

G.Menghaapus sel,baris,dan kolom
1)      sorot sel atau range tempat sel,baris,atau kolom yang akan dihapus.
2)      Pilih dan klik menu edit, delete.kotak dialog delete akan ditampilkan.
3)      Pilih dan klik salah satu pilihan berikut ini.
·         Shift cells left,digunakan untuk menghapus ini sel atau range yang akan anda sorot dan menggangtinya demngan data pada baris sama disebelah kanannya.

·         Shift cells up,digunakan untuk menghapus isi sel atau range yang anda sorot dan menggantinya dengan datapada kolom sama disebelah bawahnya
·         Entire row, digunakan untuk menghapus seluruh baris pada sel atau range yang anda sorot.
·         Entire column,digunakan untuk menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang anda sorot
·         Klik OK.
            

SOAL ^_^

1.Untuk menampilkan huruf  tebal (bold),anda dapat memilih  jenis perintah......
a)      Text font
b)      Font size
c)      Bold
d)      Italic
e)      underline
2. untuk memunculkan kotak dialog format cells,gunakan kombinasi tombol....
a)      ctrl + s
b)      ctrl +a
c)      ctrl +b
d)      ctrl+1
e)      ctrl+2
3.Untuk menyimpan lembar kerja,perintah yang digunakan adalah ......
a)      file àsave
b)      file àprint
c)      file à open
d)      file à new
e)      file à close
4.pilihan presents yang digunakan untuk membuat bingkai disekeliling sal atau range,yaitu....
a)      none
b)      outline
c)      inside
d)      style
e)      color
5.cara menyisipkan kolom adalah dengan....
a)      .insert à column
b)      Insert à row
c)      Insert à worksheet
d)      Insert à name àdefine
e)      Insert à chart
                                            
6.pertemuan antara kolom E dan baris ke-5 disebut sel......
a)      E 1
b)      E 3
c)      E 5
d)      C 5
e)      D 5

7.anda dapat membatalkan pemasukan data dengan menekan tombol....
a)      Esc
b)      Enter
c)      Tab
d)      Caps lock
e)      Alt

8.setiap lembar,termasuk microsoft excel,pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan...
a)      Cell
b)      Define
c)      Row
d)      Column
e)      Range
9.daerah tertentu yang merupakan kumpulan dari beberapa cell disebut....
a)      Cell
b)      Define
c)      Row
d)      Coloumn
e)      Range
10.untuk meletakkan hasil dari copy yang telah dilakukan,digunakan.....
a)      Ctrl +X
b)      Ctrl + Z
c)      Ctrl + V
d)      Ctrl + N
e)      Ctrl + O
11.perintah untuk menyambung beberapa kolom dan menaruh data ditengah kolom baru tersebut adalah.....
a)      Alighn left
b)      Center
c)      Align right
d)      Merge and ceter
e)      Decrease indent
12.untuk keluar dari program excel dapat digunakan perintah......
a)      Alt + F2
b)      Alt + F4
c)      Alt+print screen
d)      Ctrl + O
e)      Ctrl + E
13.untuk menampilkan data ditengah-tengah  beberapa kolom,klik tab.alignment kemudian pilih....
a)      Left (indent)
b)      Center
c)      Right
d)      Fill
e)      Center across selection

14.untuk membuka file yang telah kita buat sebelumnya,dapat digunakan  keyboard....
a)      Ctrl + S
b)      Ctrl+O
c)      Ctrl +C
d)      Ctrl +A
e)      Ctrl +X



15.Perintah untuk mengubah lembar kolom adalah.....
a)      Format,column
b)      Format,column,hide
c)      Format,coulmn ,unhide
d)      Format, coulmn,width
e)      Format,coulmn,auto format.



Nama   : Nurul s.febriati
Kelas   : XI ips 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar